Phoenix Wright: Ace Attorney

PhoenixBeberapa hari belakangan ini gue punya kesibukan lain selain cross stitch dan baca. Gue main game Nintendo DS di komputer dengan menggunakan Emulator.Well sebenarnya ini sih kerjaan adik gue. Karena dia ga dibeliin DS, makanya dia cari alternatif main game DS di komputer. Kalau gue sih boleh dibilang tinggal menikmati aja. Game yang membuat ketagihan belakangan ini judulnya : Phoenix Wright, Ace Attorney. Sesuai titlenya game ini bercerita mengenai attorney atau pengacara. Nah attorney itu ada 2 macam. Yang pertama: Defense Attorney (Phoenix Wright’ occupation). Seorang defense attorney bertugas membela clientnya (tersangka utama kasus) supaya bebas dari vonis bersalah atau dikenal juga sebagai Guilty Verdict. Yang kedua: Prosecutor Attorney. Berlawanan dengan defense attorney, prosecutor bertugas membuktikan tersangka(defendant) bersalah dan harus dipaksa mengakui kesalahannya dengan mengajukan bukti-bukti di hadapan pengadilan. Yang mengasyikkan bagi para gamers adalah proses penyelidikan dan pelacakan bukti-bukti yang bisa membantu membuktikan klien kita tidak bersalah. Tentunya proses ini ga gampang lho. Capcom membuat kita merasakan bagaimana pekerjaan pengacara sesungguhnya. Kita harus berbicara dengan saksi-saksi (witness) dan mengorek keterangan sebanyak mungkin dari mereka mengenai apa yang sesungguhnya terjadi di kasus yang kita tangani.Lucunya para saksi ini punya berbagai macam ekspresi saat bercerita mengenai kasus. Dan ga semua saksi ini mau bercerita gratis lho. Mereka juga minta imbalan untuk kesaksian mereka atau mereka menolak memberikan kesaksian. Ada juga yang harus disodorkan barang bukti kalau mereka terlibat dengan kasus, baru mereka terpaksa bercerita.Perlu diingat, tidak semua saksi mengungkapkan hal sebenarnya di pengadilan nanti jadi kita harus pintar-pintar mencari celah sekecil apapun dari kesaksian mereka, karena kalau kita salah bertindak bisa jadi kesaksian mereka malah memberatkan client kita. (So beware of the witness yah) Sebagai Defense attorney, kita seringkali dihadapkan dengan hal-hal yang kelihatannya mustahil untuk dibuktikan, namun kalau kita teliti dalam pernyataan para saksi dan teman-teman kita maka nothing is impossible to prove. Pada kasus pertama, Phoenix masih dibimbing oleh mentornya Mia Fey seorang defense attorney terkenal yang memiliki kantor sendiri Fey’s Co Law & Office. Kantor ini kelak menjadi kantor kita, tempat kita menerima client dan mempelajari kasus bersama partner kerja.

First caseKasus pertama = The First Turnabout =-=-=-=-=-=-=-=-=-===-=-=-=-=-=-=-=

Kasus pembunuhan wanita muda bernama Cindy Stone berusia 25 tahun. Korban bekerja sebagai model. Tempat pembunuhan atau TKP terjadi di apartemennya sendiri. Bukti pembunuhan adalah statue of the thinker atau patung sang pemikir yang terbuat dari batu yang dinyatakan sebagai senjata pembunuhnya berdasarkan kesaksian saksi yang menemukan korban pertama kali. Saksi adalah Mr. Sahwit seorang loper koran yang memiliki kios di seberang apartemen korban. Tersangka utama seorang pria muda kekasih korban bernama Larry Butz. Yang mengejutkan Larry adalah teman masa kecil Phoenix. Phoenix sangat yakin Larry tidak membunuh karena ia percaya Larry tak akan pernah berbuat itu. Sayangnya bukti-bukti dan kasus yang diajukan prosecutor semuanya menunjukkan Larry pelakunya. Kasus pertama Phoenix ini merupakan kesempatan bagi kita untuk mempelajari cara memainkan game ini secara keseluruhan, mulai dari pengumpulan bukti, menemukan saksi baru, menyatakan keberatan, menunjukkan bukti dan menyatakan klien kita tidak bersalah.

Mia FeyMia akan menunjukkan cara-caranya kepada kita. Ia akan sangat membantu dalam kasus ini. Untuk mencari bukti baru, maka Phoenix dan Mia segera menuju lokasi pembunuhan yaitu apartemen Cindy. TKP masih dibiarkan dalam keadaan semula begitu juga bukti-bukti kasus. Kita harus menyelidiki tempat itu dengan cara mengklik setiap sudut apartemen yang terlihat, setelah diklik maka akan muncul informasi yang berkaitan dengan obyek tersebut. Selain fungsi memeriksa TKP, kita juga mendapat kesempatan untuk berpindah ke lokasi-lokasi lainnya yang akan berkaitan dengan kasus saat itu. Misalnya Kantor Polisi, Taman, dan lain-lainnya. Untuk memecahkan kasus, kita harus memeriksa semua tempat dan menanyai setiap saksi yang berada di tempat itu. Tentunya tak lupa kita juga harus bertanya pada klien kita terlebih dahulu dan menanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Kita harus mempelajari kesaksian klien lalu mencari celah-celah yang bisa menjadi bumerang bagi kita saat bertemu prosecutor di pengadilan. Larry mengakui saat itu ia memang pergi ke tempat kekasihnya Cindy, untuk menanyakan kabarnya. Cindy sudah seminggu berada di Paris. Hubungan mereka memang sedang buruk, dan Larry merasa Cindy sudah tidak lagi mencintainya. Dari kisah Larry ini saja, anda harusnya sudah bisa menebak hal apa yang bisa memberatkan Larry di pengadilan. Larry akan dianggap punya motif untuk membunuh kekasihnya.

Menurut Larry, ia datang ke apartemen Cindy pada sore hari, namun saat itu ia tidak bertemu dengan Cindy. Pintu apartemen tertutup. Larry sudah membunyikan bel berulang kali namun tidak ada yang membuka pintu, maka Larry mengira Cindy belum pulang dari Paris dan pulang ke rumahnya.

The First TurnaboutCerita Larry ini berlawanan dengan kesaksian dari loper koran. Ketika ia datang untuk mengantarkan koran, ia melihat Larry pergi terburu-buru dan ketika dia memeriksa, di sana ia menemukan Cindy dalam keadaan berlumuran darah dan kamarnya berantakan. Kita harus mencari kontradiksi dari kesaksian Larry dan loper koran dan mencari bukti. Keduanya menyatakan mereka tidak berbohong dan itu yang mereka lihat. Tapi benarkah begitu? Itulah yang harus kita buktikan di pengadilan.

Di Nintendo DS anda bisa langsung menyatakan keberatan (Objection!), meminta saksi menjelaskan testimoni secara lebih detail (Hold It), dan menunjukkan bukti kasus (Take That!) dengan meneriakkan kata-kata tersebut sehingga kita dibuat serasa berada di pengadilan yang sesungguhnya dan diri kita adalah Phoenix yang berusaha menyelamatkan klien. Di komputer fungsi sound tersebut bisa dipergunakan melalui microphone. Jadi apakah Larry bersalah ? Siapa pelaku sebenarnya ? Mari kita membantu Phoenix memecahkan kasus yang rumit ini dan menjadi pengacara terkenal. Ace Atttorney!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s