I LoVe Yarn!

Colorful Yarn
Colorful Yarn

Sesuai sama judulnya, gue mau bercerita kesukaan gue akan benang. Pertama kali gaul sama benang waktu SD, itu juga karena diajarin sama mbak Loswati. Dia sekarang udah tinggal di Jawa karena udah nikah.Yang pertama kali gue pelajari itu cross stitch, masih pake kassa nyamuk, terus benangnya juga masih pake benang wol murah yang dibeli di pasar seharga Rp. 500,- per gulungan kecil. Polanya gue beli buku-buku di pasar juga seharga Rp. 1.500,- sampai Rp. 2.000,-.  Dari kenal cross stitch itulah, gue mulai suka dan tertarik dengan craft yang terbuat dari benang/yarn. Cross stitch pertama gue itu delman dengan latar belakang sunset di depan candi. Ukurannya kecil. Lalu banyak lagi yang gue buat cuma sayangnya semuanya udah dibawa mbak los itu dan dia ga balik lagi ke sini.

Sekarang gue tahu cross stitch kit yang memakai Aida terus DMC thread. Blend YarnGambarnya bagus-bagus banget. Dan gue udah coba juga buat beberapa. Ada yang dibingkai, dikasih ke orang sebagai hadiah, ada juga yang masih terbengkalai. Hehehehe. Karena buat cross stitch itu ada masa bosennya juga. Dan sekalinya bosen wah bisa berbulan-bulan dibiarkan begitu saja. Sebenarnya kelamaan dibiarkan juga ga bagus karena kainnya bisa lapuk dan menguning. Kalau masih ada niat mendingan, kalau udah malas wahhh…bisa bertahun-tahun tuh ga jadi-jadi.

Sekarang gue mulai merambah ke dunia crochet n knitting. Tau istilah-istilah begini juga dari milis mari merajut di yahoogroups. Kelompok pecinta benang dan rajutan dan mereka semua menghargai hasil karya handmade. Secara mereka semua juga bisa membuatnya. Ternyata taplak yang pernah gue buat di SD dulu itu memakai teknik crochet. Gue dulu bisanya hanya buat taplak, satu itu aja!! Dan dasarnya pun selalu dibuatin sama mbak Los. Dia pulang kampung yah udah ga ada lagi taplak-taplak baru di rumah gue.

Baru sekarang inilah gue melanjutkan dan belajar crochet lebih jauh. Stok-stok benang pun gue beli secara online lewat teman-teman di Multiply. Dan ternyata banyak banget yang jualan benang dengan harga terjangkau. Selama ini taunya hanya Hobby Craft aja dan jujur harga benang untuk crochet maupun knitting di sana mahal sekali. Memang sih dari luar negeri, tapi kalau baru belajar aduuh rasanya berat. Dari buku “Rajutan Untuk Pemula” karya Tatha Pang, gue udah bisa baca pola tulisan dan gambar, dan membuat taplak mungil, bandana, juga tempat HP. Nah yang terakhir disebut ini diminati sama nyokap n teman-teman gue di kantor. Bahkan ada yang bersedia bayar juga. Lumayan deh buat tambahan. Hehehehe. Gue lom berani jualan hasil karya ke sana-sini karena gue tahu betul gue masih pemula banget jadi ga mau ambil resiko. Lagian kalau made by order rada berkesan dikejar-kejar, kalau yang dikejar bisa ngerjain cepat nah kalau gue? Bikin satu aja lama mau jualan.

Gue mau mencoba buat tas, laptop case dan doily. Penasaran banget bisa ada tas dari benang-benang cantik. Kalau bisa buat rasanya senang banget deh. Pola-pola gue browsing dari internet, baik yang beli maupun yang gratisan. Ada ribuan pola berbahasa Inggris dan gambar dari Jepang. Sayang banget makanya kalau sampai ga bisa baca pola.

Yarn-for shopGue juga baru tau kalau ada berbagai jenis benang. Selama ini cuma taunya wol pasar. Dan ternyata itu bukan wool melainkan acrylic. Masih ada lagi jenis lainnya seperti: Viscose, Rayon Cotton, Katun Rami, Katun Bali, Minlon (untuk amigurumi), nylon, ICT, bulky, dan masih banyak lagi. Keren-keren lho warnanya. Ada yang polos, dan sembur (blend dari berbagai warna benang). Taunya memang telat banget tapi daripada ga pernah tahu. Gue semakin mantap pengen membuat toko craft seperti Hobby Craft hanya dengan harga terjangkau dan tampilan rak benangnya pengen seperti yang ada di luar negeri. Rapi, apik, cozy, tertata dan warm welcome for customers. Mudah-mudahan terwujud yah. AMIN.

10 Comments Add yours

  1. Lena says:

    Mba z penggemar knitting, baru2 nhi z dah berhasil merajut 1 buah laptop bag..
    tp mba maaf (jd curhat nhi..^_^)
    z kesulitan untuk cari benang katun sembur seperti gambar ke2 diatas.
    bs dak kita sharring tentang masalah z ini, terima kasih sebelumnya..
    z tunggu balasan mba ke email z
    Hormat z
    Lena, Makassar Sulawesi Selatan…

    1. roshpinna says:

      Kalau saya belinya via online, dari teman-teman di Multiply
      ini linknya, silahkan liat2 aja ya

      http://dearcrochet.multiply.com/
      atau
      http://tulipcraft.multiply.com/
      atau
      http://mamaosei.multiply.com/
      atau
      http://craftcentral.multiply.com/
      atau
      http://kiosrajut.multiply.com/

      Mereka jual banyak benang dan masing-masing punya kelebihan sendiri.
      Happy Browsing..!

  2. garry says:

    kiekiekiekiekiekiekiekie… benang adalh takdir… khukhukhukhu… berlebahan ah! tapi emang kayak di film2, takdirrrrrr… (???). Merajut terus untuk seterusnya dan jangan pernah alergi sama benang!

  3. wah wah wah… saya juga pernah belajar merajut dulu waktu sd… tapi gak bisa-bisa… hiks.. malahan udah minta ajarin sama nenek gak bisa juga…😦 tapi saya bisa menjahit kok🙂 sekarang lagi usaha handmade craft dari kain felt…🙂 sukses ya mbak.. merajut terussss..

    1. roshpinna says:

      Saya juga masih belajar kok mbak.. Sukses juga yah…

  4. Tania says:

    tolong tanya, saya perlu alamat atau informasi dimana ya yang jual katun sembur Bali yang murah. terima kasih sebelumnya.

    1. roshpinna says:

      Halo Tania

      Aku taunya beli via online. Ini aku kasih seller onlinenya yah. Keduanya saya sudah pernah beli dan aman.

      Jakarta:
      http://dearcrochet.multiply.com

      Bandung:
      http://tulipcraft.multiply.com

      Semoga bisa membantu yah..

  5. grizzly bear says:

    Saya mau tanya dong… klo cowok belajar merajut oke ga sih?

  6. Haloo all, bagi yang nyari benang rajut dan craft material lainnya bisa kunjungi http://nickscollection.multiply.com atau FB aku : Nick’s Collection

    JUal benang rajut katun polos 100 gram @7.500,00
    Benang Rajut Katun Sembur 100 gram @8.500,00
    Benang Rayon, Benang Katun Bali, Nylon, Arcyclic, etc…

Leave a Reply

