Tips Belanja Online ^_^

Buat teman-teman yang super duper sibuk, banyak kebutuhan atau susah melangkahkan kaki ke area belanja karena kesibukan belum lagi kalau udah punya baby atau dikelilingi jadwal kantor yang padat, gimana cara ngatasinnya? Yup, salah satunya mengatasinya adalah dengan belanja Online. (Online…online…online…).

Tapi bagi yang belum terbiasa berbelanja online, sering timbul kekhawatiran dan keraguan mengenai website belanja online. Saya juga seringkali begitu. Khususnya kalau saya mau belanja pernak-pernik craft yang biasanya sulit saya cari di daerah Karawaci-Tangerang ini. Mau ke Mangga Dua? Duh jauh, macet, panas, keluar ongkos lagi dan mending tau carinya di mana…Mangga Dua kan luasss…! Mendingan belanja online aja. Tapi……saya khawatir apakah bisa dipercaya ya? Jangan-jangan kalau saya udah transfer, barangnya ga datang dan uang ga kembali. Atau no rekening saya nanti dihack lagi. Ooopss…khawatir terus, kapan belanjanya? Belum lagi kalau kebutuhan udah mendesak.

Nah berikut beberapa tips mengatasi kekhawatiran belanja online:

Di Multiply(saya suka beli benang n pernak-pernik rajut di sini):

1. Liat seberapa banyak comment yang ada di phot0-photo produknya

2. Berapa banyak contactnya

3. Kalau ada album testimonial, jangan lupa dilirik, customer yang puas akan dengan senang hati meninggalkan testinya dan tentunya itu menandakan kalau seller nya bisa dipercaya mutunya.

4. Tanya contact person yang bisa dihubungi, entah itu email, no telp, no hp, YM, facebook (boleh juga, jadi kan bisa liat profilnya langsung). Dan coba hubungi langsung supaya jelas.

5. Diperhatikan seberapa cepat dan baik respon dari seller dalam melayani pelanggan. Seller yang baik (berdasar pengalaman saya) biasanya sabar menangggapi pertanyaan calon pembeli dan responnya juga cepat

6. Perhatikan tata cara pembelian online dengan teliti, setiap seller menerapkan cara yang beda-beda. Jadi jangan sampai anda tidak direspon hanya karena salah melakukan tata cara pemesanan.

7. Pastikan dulu anda sudah yakin dan percaya kalau toko itu benar adanya alias exist baru transfer uang anda. Kalau ga yakin lebih baik batalkan sebelum kecewa dan membuat anda kapok.

Untuk di website lainnya:

1. Hubungi customer carenya atau contact person

2. Banyak tanya supaya jelas, daripada malu bertanya ga jelas dan akhirnya tertipu.

3. Cari referensi dari teman-teman lain, barangkali ada yang sudah pernah beberbelanja juga di sana.

NOTE: Kalau belum yakin, belanja aja dulu dalam jumlah kecil. Kalau barang sudah anda terima dan sudah bisa percaya baru anda dalam jumlah besar.

Happy SHopping ^_^

4 Comments Add yours

  1. suci says:

    siiiiiiiiiiiiip… setuju banget..emang harus teliti, bersyukur dalam pengalaman saya belanja online, belum pernah mengalami kasus yang aneh aneh…
    oh ya, salam kenal

    1. roshpinna says:

      Salam kenal juga….thanks for comment yaaaaa

  2. Setuju setuju… saya juga Alhamdulillah belanja online oke oke aja.. ya itu, sesuai tips di atas.. teliti dan hat hati yaaa🙂

    1. roshpinna says:

      Iya bener..kuncinya memang teliti. Dan sebaiknya belanjanya dalam jumlah kecil aja dulu untuk pertama kali.
      Thanks for comment sis! ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s