Reason and Why?

Belakangan ini gue lagi merasa jenuh dan mudah sekali marah. Entah kenapa. Yah mungkin ada kaitannya dengan pekerjaan baru yang belum gue dapat-dapatkan juga.
Merasa ketinggalan dan sebal dengan ketidak pekaan seseorang yang terus saja maju dan ga bisa melihat sesuatu dengan lebih jelas. Hanya melihat dirinya sendiri, minta maaf lalu kembali lagi seperti itu. Membuat gue sebal dan ilfeel.
Untuk mengobati kejenuhan gue yang dirasa semakin membuat gue stress maka salah satu cara menghibur diri adalah dengan nge-MPi dan mampir ke berbagai blog orang. Hal yang dulunya sangat jarang gue lakukan namun ternyata bisa cukup membuat gue merasa segar dan fresh kembali. Salah satu blog atau MP yang lagi rajin gue kunjungi ialah blognya Teh Dydy. Gue senang membaca tulisan-tulisannya mengenai knitting, kunjungannya ke berbagai toko benang online dan offline di Amerika (Bronx) dan sharing pengalamannya di sana. Tulisannya segar dan membuat orang lain (paling tidak itu yang gue rasakan) merasa terinspirasi dan termotivasi untuk menulis blog lagi dan mendalami rajutan dengan lebih terarah dan berorientasi yang jelas. Memang gue bukan seorang knitter melainkan crocheter (sementara teh Dydy itu lebih mendalami knit namun dia ngerti juga tentang crochet) yang masih pemula banget, moodnya masih naik turun saat mengerjakan project namun tetap aja kalap belanja benang dan pernak-pernik rajutnya. Tulisan lainnya yang gue suka di blognya ialah bagian Reviews khusunya review buku-buku, majalah, article mengenai knitting dan crocheting. Suatu dunia baru yang sama sekali belum gue ketahui dan sangat membantu gue memahami dunia rajut yang gue suka secara lebih terarah. Dan gue baru tau kalau ada yah novel-novel knitting dan crochet. Walah seberapa banyak gue ketinggalan yah….?

Btw gue belum pernah memikirkan kenapa atau apa yang membuat gue menyukai dunia merajut dan benang? Selama ini yang gue rasakan saat melihat pernak-pernik craft yang terbuat dari benang ialah I feel so interested and I want make something like that by myself. TApi kalau dipikir-pikir lebih dalam alasannya, alasan utama karena SUKA. Feel excited. Kalau melihat-lihat benang bagus, rasanya senang, kepengen beli dan bertanya-tanya “benang ini bisa dipakai untuk apa? Apa keunggulannya? Cocoknya dibuat apa?” Hal-hal semacam itu yang nyangkut di otak gue saat lihat-lihat benang secara langsung atau pas online. Alasan kedua mungkin gue ingin lebih banyak lagi orang khususnya masyarakat Indoesia lebih menghargai hasil karya handmade termasuk para pengrajut tangan. Kreativitas itu nilainya ga bisa diukur. Setiap orang mempunyai kreativitas yang berbeda meski menggunakan pola, alat dan benang yang sama. Ketiga, adanya keinginan untuk menyediakan material, alat, dan pernak-pernik rajut atau craft lainnya dengan harga yang lebih terjangkau. Hal itu masih sulit dicari di Indonesia. Yang banyak mungkin baru di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Itupun lebih banyak yang berjualan secara online ketimbang buka kios offline. Karena jualan online ga perlu sewa tempat, sewa karyawan, dll (Meski ada juga sih yang kios online yang punya toko offline). Kalo kios offline membutuhkan banyak biaya yang membuat harga barangnya sedikit lebih mahal ketimbang jualan online. Sebutlah Hobby Craft, alat-alatnya bagus, materialnya banyak, tokonya nyaman, harganya mahal banget. Padahal biasanya (termasuk gue juga sih) kalau baru belajar orang ga mau merogoh kocek yang terlalu besar, di sisi lain mungkin memang budgetnya ga seberapa, dan takut hasilnya jelek karena sayang banget menggunakan bahan yang mahal padahal belum bisa. Nanti kalau sudah mahir baru beli yang mahal. Apalagi bagi para pelajar dan mahasiswa yang masih haus ilmu dan dalam taraf belajar namun belum berpenghasilan, harga yang tinggi jelas memberatkan mereka dan bisa jadi mengurungkan niat mereka untuk belajar sekalipun dalam hati sih kepengen.

Gue selalu terkagum-kagum dan berpikir bagaimana bisa dari seutas benang bisa menjadi lukisan yang indah (cross stitch), memiliki warna gradasi dan menjadi gambar yang cantik. Atau dari satu gulung benang bisa jadi dompet, tas hp, taplak, baju, bolero, syal, dan ratusan project lainnya. Wow..keren! Kalau gue, jujur aja ketimbang beli hasil craft jadi, gue lebih suka beli bahan dan alat lalu belajar membuatnya sendiri. Karena gue ingin tau cara membuatnya dan merasakannya membuatnya sendiri. Bukan berarti gue ga menghargai hasil karya orang lho, ngga sama sekali. Tapi memang gue lebih suka mencobanya sendiri. Makanya kalau ada kursus-kursus gue suka ikutan, Karena yah itu tadi gue suka belajar dan mencoba membuatnya sendiri. Atau nanya sama si pembuat, “Ini gimana sih buatnya? Bahannya apa aja? Terima kursus ga?” hehehehe……begitulah. Seperti yang gue lakukan saat ini, gue belajar cross stitch dari orang lain, siapa aja yang bisa deh dan mau membagikan ilmunya (Biasanya dari mbak yang jaga toko). Gue belajar rajutan dari buku, lihat video dari You Tube, tanya di milis, ikut kursus kilat, nanya teman. Belajar baca pattern tulisan maupun gambar juga gue lakukan secara otodidak, wuiih jangan ditanya deh berapa kali trial n errornya. Banyak banget. Tapi dari sana gue belajar banyak. Pola-pola yang gue punya juga sebagian besar dari internet, sharing teman MP, milis, dan berbagai sumber lainnya. Lupa dari mana aja karena yah klik klik di Google, nemu pattern bagus, dan free download yah udah disave aja, dikumpulin dulu. Masalah buatnya kapan, urusan belakang, hihihi.

One Comment Add yours

  1. grizzly bear says:

    Memang menyenangkan klo punya sesuatu yang bisa digunakan sebagai sebentuk oase ketika kita jenuh. bisa membuat vitalitas kita kembali bersemangat.

    Senang juga membaca blog kamu, soalnya seperti merasakan kegembiraan seorang yang menemukan dunia nya yang pas untuk dirinya. Teruskan hobby kamu yah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s