What I like from Online Seller

Iseng-iseng aja sih bikin tentang ini, karena aku suka belanja online (menghemat waktu, tenaga, dll) makanya aku udah mengalami beberapa pengalaman menghadapi beberapa OS alias Online Seller, dari sini gue bisa menyimpulkan OS yang bagaimana sih yang OK, paling tidak menurut gue

1. Jujur

Yup kriteria yang satu ini penting banget deh kalau jadi OS. Kalo jujur orang akan percaya dan ga kapok untuk belanja online. Jujur di sini bukan hanya masalah transfer uang aja tapi juga mengenai kualitas barang yang dijual. Kalau memang barang second yah jangan bilang barangnya baru. Begitu juga mengenai kalau barang ada cacat, retur dsb. Kalau barang masih PO ya bilang PO jangan bilang ready stock. Dsb…dsb..

2. Jelas dalam memberikan informasi

Sebaiknya setiap barang ada fotonya, ketimbang hanya memberikan informasi berupa tulisan aja. Karena terkadang gambar bisa menjelaskan dengan lebih baik dan menarik perhatian. Di fotonya baru disisipkan keterangan mengenai barang tersebut, baik ukuran, warna yang tersedia, harga (penting nich, jangan berubah-ubah terus deh harganya karena cuma bikin pembeli keki), stock yang ada, dll.

3. Contact Person

Berikan no telp, email, YM atau apapun yang bisa dijadikan sarana khusus untuk berkomunikasi dengan pembeli. Kalau ga ada yah gimana juga mau bertanya, karena pembeli itu biasanya banyak nanya secara beli barangnya ga bisa langsung dilihat dan dirasakan. Dan berikan contact person yang aktif minimal dalam office hours. 24 hours lebih disukai. Hehehe..

4. Respon yang ramah dan cepat

Namanya juga pembeli, banyak bertanya itu wajar selama pertanyaannya masih berkaitan dengan barang yang dibeli. Dan kadang juga meski nanya lom tentu beli. Ada penjual yang ga suka dengan hal ini, ada juga yang sabar melayani pembeli meski ga beli walau udah banyak nanya. Saya sih lebih suka yang sabar, Kita terkadang nanya-nanya dulu. kalau dari awal aja penjualnya dah ga sabar, memberikan jawaban setengah-setengah, dan lebih parah lagi pake emosi jawabnya yah jujur aja saya udah malas bertanya lagi dan udah pasti males beli barangnya. Kalau penjualnya ramah, meski kita ga beli saat itu, kemungkinan besar ketika kita butuh sesuatu, kita akan kembali ke penjual yang ramah dan sabar. Enak diajak bicara. Perhatikan juga pengunaan text di website jualan seperti jangan pakai tanda seru, warna yang sulit dibaca atau font capital semua. Karena itu menunjukkan sopan santun juga lho..

5. Pengiriman barang cepat

Yup proses pengiriman barang yang normal sih sekitar 2-3 hari. Meski tergantung daerahnya juga, berdasarkan pengalamanku, paling lama dalam seminggu barang sudah sampai ke tempatku. Kalau proses pengiriman barang lebih lama dari yang seharusnya, berikan informasi ke buyer sehingga buyer ga bertanya-tanya dan merasakan kalian penjual yang bertanggung jawab akan barang yang dijual. Ada juga OS yang menyediakan beberapa pilihan jasa pengiriman, biasanya perbedaan di harganya dan pembeli bisa milih sendiri.

Segitu dulu yah. Ini ga ada maksud apapun terhadap para OS. Hanya sharing pengalamanku aja dan aku suka banget belanja online khususnya di tempat OS yang dapat dipercaya dan bertanggung jawab. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s