omong-omong aja kok

Emmm begini belakangan ini di fb marak lagi soal kasus pembajakan cross stitch, pertama soal OS yang mengupload foto surat authority suatu merek….nah itu jadi perdebatan yang lumayan heboh di dunia cross stitchers fb. Masalahnya kita semua tau kalau paket yang dijual mereka itu adalah paket cina. Paket cina nya menjual gambar yang sebetulnya bajakan dari seller cross stitchers resmi seperti SODA, Dimensions n Mirabilia. Ditambah lagi dia menggunakan benang (katanya) DMC, padahal kalau menurut kita itu bukan DMC asli melainkan benang cina yang kualitasnya cukup baik.

terjadilah perdebatan seru antara si owner merek, reseller yang merasa dikecewakan (entah benaran reseller atau bukan), pembeli yang pro n pembeli yang kontra, plus pembaca yang baca sekedar buat seru-seruan aja (saya contohnya :D). Dari perdebatan yang memuat komen ratusan itu, berakhir dengan proses REMOVE (cara yang tersingkat menyingkirkan para komentator) para olshop n customer yang menyerang si owner ini. Dari pergulatan seru itu, hasilnya, si owner mengganti kata-kata benang DMC dengan kata-kata “benang setara kualitas DMC” yang menurut saya seharusnya dilakukan dari awal sehingga ga menimbulkan masalah kayak gini n kekecewaan yang lumayan besar.

Masalah bajakan emang marak banget di Indonesia, apakah saya pro bajakan atau pengguna original, jawabannya saya masih banyak menggunakan barang bajakan. Meski saya juga punya barang original cuma memang jumlahnya tidak semudah barang bajakan ini. Harga murah, kualitas cukup baik, dan mudah didapat. Dalam hal cross stitch, saya dulu pertama belanja dari HCS yang belakangan saya ketahui menjual pola-pola fotocopyan n itu jamannya belum ada olshop cross stitch di fb kayak sekarang yang mana FB nya aja juga lom ada dan masih jarang yang namanya online shop. Sekarang saya beli pola-pola original n paket original tapi saya juga beli beberapa  paket cina dan menurut saya kualitasnya cukup baik. Saya mengakui saya belum punya dana berlebih untuk selalu belanja paket ori, meski saya pengen banget. Jadi yah saya rasa itu semua kembali kepada pilihan pembeli mau belanja asli apa bajakan. Saya ga merasa beli barang bajakan itu baik, tapi yah kalau ga ada uang tapi pengen gemana? Dulu angan-angan saya punya toko craft, sekarang kayaknya mikir-mikir lagi deh, mungkin harus usaha jenis lainnya. Soalnya craft itu bukanlah kebutuhan primer ataupun sekunder tapi tersier. harganya pun, meski bajakan harganya hanya 1/3 yang asli, tetap saja ga murah.  Jadi kalau ga butuh banget atau punya uang berlebih kayaknya orang ga mau mengeluarkan uangnya untuk itu, apalagi kalau ga hobi. Ditambah lagi membuat kerajinan satu ini dibutuhkan ketekunan, ketajaman mata, punggung yang baik n kesabaran karena harus dihitung satu-satu, yang hobi banget kayak saya aja masih suka males ngerjainnya apalagi kalau yang ga hobi n baru mulai belajar, apakah mereka mau beli barang mahal? Ga semua kan, apalagi sekarang tuuuh banyak banget link yang menyediakan pola cross stitch gratisan. Jadi ga beli paket ataupun polanya orang banyak yang bisa mendapatkan pola tersebut, paling beli kain n benang aja. Jadi akhirnya apa? terserah masing-masing pembeli kan. Berdebat hanya buang waktu dan energi saja menurut saya, kalau mau tegas ya ada tindakan hukum. yang saya yakin lebih boros keluar uang untuk menindak itu daripada keuntungan yang didapat si penjual.

2 Comments Add yours

  1. josephine says:

    hehehe – baru baca neccccccccch – emang ‘perang’nya dimana sihhh? Group apa’an?? soalnya akhir2x ini aku juga gemar crosstitch dan langganan juga ke HCS dan CSP –

    1. roshpinna says:

      Perang antar online shop cross stitch di facebook..antara penjual pola ori n pola fotocopy-an

Leave a Reply

