Kristik Ori VS Non Ori

Menjelang imlek neh….sepulang dari yogya wah gue capeknya bukan main. Naik bus 15 jam ke yogya n balik lagi ke rumah naik bus lagi 15 jam. Cukup fun sebenernya tapi yah namanya naik bus resiko pegal-pegal sih udah pasti menanti yah, mana nginep di hotelnya hanya semalam.

Di fb create group stitching baru sejak grup lama jadi rusuh dengan masalah pembajakan…dan yang protes soal sharing pattern sih tentu aja olshop yang jual pattern ori ya. Kan pattern mereka jadi ga laku dong, siapa juga yang mau beli kalau bisa dapet gratis ? Ya ga ? Nah gue sih ga mau ikut comment soal gituan. Dari awal gue juga mikir ini pasti ada masalah nantinya, jadi gue leave itu grup hanya sehari sejak gue bergabung. N ternyata bener aja ada masalah. Memang sih pilihan akhirnya tetap jatuh pada konsumen mau beli ori atau non ori. Karena sekarang paketan cina atau paketan buatan sendiri pun hasilnya cukup memadai n hasilnya layak pandang. Ga kalah dengan paketan ori but dengan harga yang lebih bersahabat. Jadi itu sih kembali ke sikap masing-masing orang aja menurut gue.

Gue pribadi memilih tergantung harga, kalau harga non ori n ori ga beda jauh. Ga sampe lebih dari 100rb misalnya, gue akan milih ori aja. Karena kualitas sudah jelas. Kalau perbedaannya bisa sampe ratusan ribu nah biasanya gue akan milih non ori, tapi tentu yang kualitasnya bagus juga ya. Biasanya sih gue liat dulu comment dari teman-teman soal olshop tertentu barulah gue menentukan pilihan. Soal pola juga gitu. Meski pola non ori harganya jauh lebih murah tapi gue juga liat dulu, ini dia jual pola hasil download atau dia beli pola ori, dia scan n lalu dia jual. Karena kalau hasil download ada beberapa yang hasilnya belum tentu sama dengan hasil aslinya, kecuali kalau kita mau yang hasil convert, itu beda lagi. Pola ori seperti soda misalnya itu lebih baik beli ori aja, karena ori-nya murah meriah. Pola sangat jelas dan gue suka jenis kertasnya. Untuk paketan juga masih murah n terjangkau. Kalau paketan dimensions nah ini rada mahal begitu juga dengan mirabilia, pokoknya yang dari eropa gitu deh, cenderung lebih mahal. Tapi ada juga yng gue beli orinya, n ada juga yang gue beli non ori-nya. Hehehe. Kadang gue beli tuh buat perbandingan aja, n karena penasaran juga dengan hasil akhirnya.

Jenis benang sekarang juga bervariasi lho. Yang paling ngetop n jadi rajanya benang di cross stitch tentunya DMC yah. Sekarang DMC itu harganya 6rb per gulung cukup mahal apalagi kalau mau buat pola yang butuh banyak benang, HAED misalnya, bisa rugi bandar sekali beli. Wakakaka. Kemaren gue beli benang DMC 89 gulung untuk 1 pola HAED gue habis sekitar 400rb. Itu waktu harganya masih 5000 n olshopnya lagi cuci gudang jadi harganya didiskon 20%. Sekarang ? Wah bisa lebih kali ya. Makanya sekarang beberapa olshop xstitch menyediakan benang cina. Harganya lebih sahabat, ga luntur, n cukup kuat. Ga mengecewakan deh hasilnya soalnya gue udah nyoba n ga luntur meski udah beberapa kali dicuci (pake buat bantal cross stitch). Benang cina sendiri banyak macamnya seperti benang cina biasa, benang cina dove, benang cina kilap, dll. Biasanya harga paket berbeda menyesuaikan dengan jenis benang apa yang mau dipakai. Memang olshop sekarang kreatif banget mencari pembeli. Banyak alternatif, untuk customer berkantong ngepas (model gue) tersedia harga yang ngepas juga. Untuk yang kantongnya tebal, wah tinggal comment aja deh mau yang mana, pasti pelayanannya cepat. Wakakaka.

Gue sekarang malah nyaris ga pernah lagi ke offline shop untuk belanja kristik. Semuanya online. Pilihan lebih banyak, harga lebih murah n pelayanan yang lebih bersahabat. Sekali lagi ya, ini hanya pendapat gue aja, setiap orang punya pendapat n pilihan masing-masing. Jadi cari aja yang paling cocok dengan kita dan membuat kita senang melakukannya.

7 Comments Add yours

  1. erwin says:

    ke jogja ga ngajak-ngajak… ga pamit-pamit..

    1. roshpinna says:

      Sama kantor mas…masa ngajak2..wakaka

  2. fatimah says:

    Salam kenal mbak…
    Saya juga penggemar kristik, tp krn kesibukan sdh lama banget ndak bikin. Dulu paket paling adanya yg orchid ya…skarang sdh macem2, bagus2 lg…
    Mbak kl benang cina sama yg merk cmc sama ndak? yg lebih mendekati dmc yg mana? Terus yg kilap sama dove maksudnya gmana?

    1. roshpinna says:

      Hi salam kenal ya..

      yang mendekati kualitas DMC tapi harga lebih murah itu yang kilap.. warna n lembutnya hampir sama..

      Kalo dove lebih kasar n warnanya ga secerah kilap…

      Ya kalo saya sih disesuaikan kondisi kantong.. krn sy pernah buat pake kilap n dove sama bagusnya n awet jg kok

    2. roshpinna says:

      kalau benang cina yang lebih mendekati dmc itu yang benang kilap ya.. warnanya lebih cerah n lebih halus…

      dove lebih gelap n agak kasar

      Saya sudah coba keduanya.. n asyik2 aja pakainya..
      jadi buat saya sih ga harus DMC kalau memang mahal..

  3. nadia says:

    Hi, tanya nih. Apa rekomen olshop yg jual benang ny?
    bingung mau beli ke mana hehe.

    Btw yg cina gmpang mbulu g ya?

    1. roshpinna says:

      Hi..kalo beli benang biasanya saya beli di fb…seperti aneka kristik, atau tulip craft, benangku, thalenta,dll
      Benang cina cukup bagus kok, terutama yang kilap (untuk kristik)

Leave a Reply

