Bikin Paspor di Kantor Imigrasi Tangerang

Setelah sekian lama mikirin antara “buat” “ga” “buat” “ga” Akhirnya gue “BUAT” paspor juga smile emoticon. Wakakakaka. Prosesnya mikirnya itu yang lama tapi yah kesampaian juga. Tadi pagi gue berangkat ke sana dengan membawa berkas2 yang diperlukan baik yang asli maupun fotokopi.

Karena udah denger gosip sana-sini untuk ambil no antrian harus datang pagi jam 6..jadi gue kesana dari rumah jam 5:30. Rencana awal sebenernya dari rumah jam 5 pagi tapi nyokap keberatan dan ternyata gue yang pertama sampe di gerbang kantor imigrasi tangerang. Wakakakaka lol. Gerbangnya aja lom dibuka. Pas tanya orang di kantornya yang lagi jalan pagi katanya mereka baru buka pelayanan jam 7:30 untuk foto dan wawancara. Sementara untuk permohonan passport jam 8 pagi.

Gue tadi catat beberapa poin penting dan akan share di sini

Jam pelayanan kantor imigrasi kelas I Tangerang:

Senin-Kamis: 08:00-16:00 ; Istirahat: 12:00-13:00

Jumat: 08:00-16:30 ; Istirahat: 11:30-13:30

Nah hal yang umum yang ditanyakan orang saat proses buat paspor ialah soal dokumen dan berkas2.

Apa aja yang diperlukan, ini dia (Fotokopi + Asli (Saat foto n wawancara bawa yang asli):

Pemohon sudah berusia 17 tahun atau 17 tahun ke atas:

1. KTP, note: fotokopi KTP ukuran A4 ya atau di sana disuruh fotokopi lagi n ngantreee

2. Akte Kelahiran

3. STTB/Ijasah, bisa ijasah kuliah atau ijasah SMA

4. Surat rekomendasi kantor bagi yang bekerja sebagai PNS, pegawai swasta, dll

5. Kartu keluarga

6. Passpor RI lama bagi yang ingin perpanjang atau kehilangan + surat bukti lapor apabila kehilangan

Sedikit catatan bagi yang ingin perpanjang, harap passpor lama diminta kembali karena akan ditahan oleh petugas apabila kita tidak minta. Apa gunanya passpor lama? Passpor lama akan berguna apabila suatu saat anda butuh apply visa, semakin banyak cap yang kita peroleh dari berbagai negara maka semakin besar juga kemungkinan visa kita disetujui..jadi simpan passpor lama anda yaaa^^

7. Surat KBRI ganti nama bagi WNI Keturunan

8. Surat K1

9. Surat Nikah bagi yang telah menikah

10. Materai Rp 6.000,-

11. Isi form dengan benar dan siapkan semua dokumen yang diperlukan. Ambil formulir bisa di tempat fotokopi kantor imigrasi n GRATIS alias tidak dipungut biaya apapun juga.

12. Berpakaian rapi dan sopan, celana panjang + baju tertutup. Untuk foto dan wawancara silahkan mengenakan kemeja + celana panjang + sepatu ^^ (Jangan sampai disuruh pulang cuma karena baju yaa…apalagi kalau rumahnya jauuuuh kayak saya)

Bagi Pemohon di bawah usia 17 tahun:

1. KTP kedua orangtua

2. Kartu Keluarga

3. Nama Anak (sudah nama Indonesia)

4. Surat Nikah Orang tua

5. Surat pernyataan orang tua

6. Fotokopi passpor orang tua yang masih berlaku

7. Materai Rp. 6.000,-

8. Harap anak dibawa saat foto dan wawancara

Tadi saat saya taruh dokumen itu antree n taruh paling bawah karena yang paling bawah berarti paling pertama n beruntung dapat no 1 tadi jadi prosesnya cepat. Kalau ga mau datang pagi yah harus mau antri dikit karena biar bagaimanapun mereka baru buka kantor jam 7: 30, kita masuk taruh form dan formulir (oh ya mapnya harus map kantor imigrasi). Datang pagi-pagi ga apa2 cuma memang nunggu di luar pintu imigrasi n ga ada makanan di sana (ada kantin cuma di belakang n buka jam 8).

Setelah formulir diperiksa kelengkapannya kita akan terima bukti slip n tanggal wawancara + foto untuk 2 hari kemudian. Setelah foto dan wawancara, maka passpor akan dicetak n baru bisa diambil 4 hari setelahnya. Semoga informasi ini berguna bagi yang memerlukan yaaa^^smile

65 Comments Add yours

  1. terimakasih banget artikelnya sob, ini bermanfaat banget buat saya yang mau memperpanjang pasport. tq

    1. roshpinna says:

      Sama-sama..senang kalau artikelnya bermanfaat

      1. kristanto says:

        Mba itu kalau wawancara yg ditanyain ap aja ya

      2. roshpinna says:

        Yang ditanya biasanya mengenai tujuan bikin paspor, kalau untuk jalan-jalan biasa ditanya mau ke mana n dengan siapa.. ya jawab saja sejujurnya.. ga terlalu banyak pertanyaan juga

      3. roshpinna says:

        Yg Standar aja seperti apa tujuan buat paspor n mau jalan2 ke mana sama siapa…
        saya sih bilangnya cuma jalan2 sama keluarga..

      4. roshpinna says:

        Yang standar saja.. tujuan dan sama siapa perginya

  2. Indah says:

    Untuk pemohon yg sudah berusia 17 tahun atau 17 tahun ke atas kan di poin 8 ada surat K1, itu surat apa ya? Mohon infonya. Terima kasih.

    1. roshpinna says:

      K1 itu seperti akte lahir atau surat identitas yang harus dimiliki oleh WNI keturunan

  3. joni says:

    Biayanya berapa gan

    1. roshpinna says:

      255rb pak

  4. Florensius says:

    klo surat K1 itu apa ya? soalnya saya rencana mau perpanjang paspor. thanx atas infonya

    1. roshpinna says:

      surat K1 itu akte lahir..yang biasanya dimiliki oleh WNI keturunan

      1. andika says:

        Perlu biaya brapa ya untuk lau untuk perpanjang…???
        Thank’s

      2. roshpinna says:

        Sama saja seperti buat baru 255rb

  5. itu untuk foto copy ktp nya harus bulak balik atau gmn kak ?

    1. roshpinna says:

      Fotocopy nya bolak balik ukuran A4

  6. applausr says:

    terima kasih ya…. kok kata iklan di kantor imigrasi sekarang sudah bisa 4 hari jadi ya…

    1. roshpinna says:

      Sama-sama..
      Saya tulis cara bikin paspor ini berdasarkan pengalaman saya..dan mungkin saja sekarang proses pembuatan paspor lebih cepat. Kan lebih baik kalau memang lebih cepat..

  7. Rizki says:

    Btw,
    Paspor lamanya diminta baliknya pas awal periksa dokumen atau pas wawancara ?

  8. Agung says:

    Untuk permohonan anak dibawah 17 atau yg blom punya ktp itu bukan nama anak harus indonesia, tapi harus sudah masuk dalam daftar di kartu penduduk orang tuanya trus paspor lama ga ada petugas imigrasi boleh menahannya tapi memang klo mau ambil paspor lamanya harus ada surat petnyataan klo paspor lamanya mau diambil trus klo mau lngsg poto silahkan pendaftaran via online bisa diakses di imigrasi. go. id demiikian info dari says semoga bermanfaat

    1. roshpinna says:

      Halo…terimakasih info tambahannya, sangat bermanfaat…

  9. YOHANES D.DUJA says:

    biayannya berapa pak

    1. roshpinna says:

      Saya buat biayanya 255rb..Btw saya perempuan..

  10. Valentina says:

    Kalau Ýang Usia 20th terus mau Buat Tp Gak ada Surat rekomendasÍnya Karena Sudah Resign dan Belum Kerja..mau Buat karena Mau Taking Holiday Aja Ke Luar..Bisa Gak ya..ThaÑk you.. Bls Lwt Pin  aja 298b928c

    1. roshpinna says:

      Kalau tidak bekerja, lampirkan rekening tabungan 3 bulan terakhir dengan jumlah stabil yah..bisa juga surat rekomendasi dari teman (bila ada) di negara yang ingin dkunjungi yang menyatakan kalau dia yang akan menanggung biayanya.. itu untuk visa..kalau paspor minta surat rekomendasi dari orang tua juga bisa

  11. amyditaa says:

    Fotocopy ktp sbesar A4 bsar skali ya..?

    1. roshpinna says:

      Iya memang besar sekali..sebelumnya saya hanya fotocopy biasa lalu ditolak n disuruh fotocopy lg sebesar A 4

  12. via says:

    mbak, kalo misalnya udh jadi paspornya tapi ada yg kurang, kita boleh komplain gag sihke kantor imigrasinya?
    seharusnya aku alamatnya Tangerang selatan, tapi di paspornya cuman Tangerang aja,

    1. roshpinna says:

      Saya kurang tahu jg mbak Via..tp seharusnya boleh saja

  13. Dyan says:

    mau buat paspor suami, tp kk dia masih gabung sm orang tuanya (kita ber2 belom buat kk sendiri), terus kk dia udah lama bgt belom diperbaruin, kira2 bisa gak ya? belom nanya ke imigrasinya. thanks

    1. roshpinna says:

      Hi mbak Dyan…

      saya kurang yakin juga tapi setahu saya bisa..

  14. erwien ch says:

    mhn info klo pindah alamat passport bandung (masih berlaku) ke tangerang gimana ya?
    apa data-data dan prosesnya sama seperti bikin baru? (pake wawancara dll) erwien tangsel

    1. roshpinna says:

      Halo mas Erwien….maaf sekali saya kurang paham mengenai hal tersebut. Bisa datang langsung ke kantor imigrasi. Setahu saya selama masih berlaku berarti masih bisa dipakai…perpanjang ya berarti sama saja seperti buat baru

  15. elsa says:

    Saya baru perpanjang paspor di tangerang bln ini, tapi tidak ada stempel imigrasi yg mengeluarkan. Apa betul paspor sekarang td ada stempel dihalaman 3, dibawah “tanda tangan pemegang”??

    1. roshpinna says:

      Setahu saya ada stempelnya…

  16. nurul says:

    kalo yg hari pertama, isi formulir & periksa surat2 yg asli bisa di wakil kan nggak ya ?

    1. roshpinna says:

      Untuk hari pertama sepertinya bisa diwakilkan

  17. herman says:

    di kantor imigrasi banyak calo ga yah?????

    1. roshpinna says:

      Waktu sih saya ga ketemu calo ya

  18. monique says:

    boleh tau alamat kantor imigrasi yang di Tangerang Selatan

    1. roshpinna says:

      Maaf saya ga catat alamatnya… setahu saya di belakang pasar lama tangerang

  19. kk says:

    kalo abis terima jadwal, jadwalnya katanya harus di scan, supaya apa ya?

    1. roshpinna says:

      Waktu saya ga diminta scan sih..kalau memang diminta scan ya scan aja

    2. roshpinna says:

      saya ga disuruh scan ya.. jadi kurang tahu juga
      maaf ya

  20. Ello says:

    Thanks ya dah membantu. kebetulan hari ini Gw mau urusin Pasword Gw. GBU bro

    1. roshpinna says:

      Oke sama2 bro

  21. udi says:

    boleh tanya apa kalo nama di akte dan ijazah tidak sama akan tidak bisa di proses ?

    1. roshpinna says:

      Nanti akan dibandingkan juga dengan KTP.. karena umumnya nama harus sama

  22. Irwan says:

    Kalau kantor imigrasi tangerang selatan alamat-nya dimana ya trus kalau dgn imigrasi soekarno hatta mana lebih baik pelayanannya? terimakasih

    1. roshpinna says:

      Yang di tangerang saya cuma taunya ini:

      Jl Taman Makam Pahlawan Taruna No.10 Sukasari Kota Tangerang, Tlp 021-55790871.

      Kalau imigrasi Soetta, saya ga pernah ke sana jadi ga bisa kasih perbandingan ….

  23. endang sulistyawati says:

    Baca coment diatas kl g salah bagi irt apa iya harus ngelampiri fc rek tab 3bln u.pembuat pasport baru…apa wajib ya..

    1. roshpinna says:

      Ibu saya buat ga harus pake rekening tabungan .. ga diminta

  24. sise says:

    kak surat K1 itu diperolehnya darimana ya kak ? terimakasih

    1. roshpinna says:

      Hehe saya juga ga tau.. di kantor pemerintah sepertinya

  25. Angel says:

    Surat K1 dan Surat KBRI tidak diperlukan kan ya selama saya memang keturunan pribumi? Terima kasih.

    1. roshpinna says:

      Iya tidak diperlukan..

  26. Faisal Echal says:

    Sblm nya term kasih…. Sy mau nanya klo didaerah tanggerang selatan almt kntor imigrasinya dmn ya? Thx….

    1. roshpinna says:

      Alamatnya saya lupa.. tp di belakang pasar lama tangerang

  27. Faisal Echal says:

    Mohon informasinya…..term kasih.

  28. Hamzah Arfah says:

    kalau tidak ada akta kelahiran tapi melampirkan ijasah terakhir saja boleh tidak mbak??

    1. roshpinna says:

      Maaf saya kurang tahu..bisa ditanya langsung ke kantor imigrasinya

  29. Afiyah says:

    Memangnya kalo untuk pakaian tidak boleh memakai celana jins/blue jins?? Dan harus memakai Kemeja??

    1. roshpinna says:

      Boleh saja yang penting rapi dan sopan.. n bukan celana pendek

  30. andriansah says:

    Maaf sist/gan mau nanya nh,,
    Kalo ga ada surat nikah hanya menggunakan akte lahir sama kk kira kira bisa ga yh bikin paspor,,

    1. roshpinna says:

      Dicoba saja.. seharusnya tidak masalah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s