Singapore – Field Trip

Pengalaman pertama..menginjakkan kaki ke negeri lain….rasanya gemanaaa getu…Hehehe norak ya..?

Sebenernya sih pas perjalanan itu gue ga sempat bernorak-ria karena banyak banget yang harus gue pikirin, atur, urus dan hitung. Gue pergi tanggal 8 Okt, dan menurut rencana awal seharusnya ada 3 guru yang mendampingi. Tapi namanya nasib…ada satu teman gue yang kecelakaan seminggu sebelum hari H, jadilah kita tinggal berdua aja mengurus segala sesuatu. Anyway..let’s forget about that. Kita bahas perjalanannya aja yaah😀

Gue berangkat dari rumah jam 4 pagi..jemput bos gue dulu di rumahnya n berangkat ke bandara SoeTta. Di bandara udah banyak anak-anak yang nunggu, mereka semangat juga yah bisa datang lebih awal daripada gurunya..hihi..padahal perkiraan awal gue belum ada yang datang jam segitu eh ternyata udah banyak.

Di sana kita bagi tugas, ngurus anak-anak n ngurusin airport tax + check in. Masalah check in beres, kita ke imigrasi, gue baru tau counter imigrasi dibagi dua: Indonesian n Foreiger/Non Indonesian. Jadi kita bagi dua, kebetulan atasan gue itu bule, jadi dia yang urus anak-anak Korea, gue urus anak lokalnya.

Penerbangan ke SGpore naik Batavia Air…sebelumnya kita isi dulu kartu..ehmm gue lupa namanya, Boarding Pass mungkin ?😀 Pokoknya di kartu itu kita isi data diri n tujuan pertama setelah sampai di SG. Penerbangan lumayan lancar meski sempat denger suara mesin yang rada bikin kita serem pas di pesawat.

Sampai di Changi, kita langsung lari-lari ke tempat imigrasi sana…antrian udah panjang banget, padahal line nya banyak banget..pesawat delay, imigrasi antri, n kita harus cari busnya dulu sekitar 20 menit karena supir bus nya ga jemput kita di dalam bandara malah asyik nunggu di bus dengerin musik..

Awalnya telat, jadilah kita seterusnya telat ke setiap univ, academy yang ada di jadwal kita. Makan siang yang tadinya direncanakan di kampus, supaya anak-anak bisa merasakan pengalaman makan di kampus univ, jadi batal. N kita makan di hawker deket Middle Road. Lumayan juga..gue pesen nasi hainam n ayam sekitar S$4 dan ice lemon tea S$1.18. Mengenyangkan, n rasanya juga enak.

Di sana rute kita itu diawali dari:

1. SIM-Singapore Institute of Management – 461 Clementi Road

2. Informatics -45 Middle Road

3. LaSalle College of The Arts

1 McNally Street Singapore, terletak di jalan yang dinamai sesuai dengan

nama pendiri College yaitu Brother Joseph McNally

4. ERC Institute – 343 River Valey Road

5. PSB Academy – 355 Bukit Ho Swee

Semua tempat yang kita datangi sangat welcome dengan kehadiran international students di tempat mereka. Terutama SIM yang menugaskan perwakilan mahasiswanya untuk menyambut kita. Tempatnya pun sangat bagus , luas dan bersih.

Singapore merupakan negara yang tertata dengan baik, udaranya bersih, begitu juga lingkungannya. Kebersihan dan tata ruang sangat dijaga di sini. Sehingga sejauh mata memandang tidak ada sampah berserakan atau bau yang tidak sedap.

Yang membuat gue tertarik kuliah di sana karena univ atau academy di sana memiliki program partnership dengan univ di UK n Aussie, jadi kita bisa lebih menghemat biaya hidup dan biaya kuliah namun mendapatkan gelar dari univ UK n Aussie. Bahkan ada program beasiswa dan penyaluran kerja di perusahaan SG yang terdaftar. Menarik banget deh😀

Overall pengalaman pertama gue ke luar negeri cukup berkesan dan menyenangkan. Ingin ke sana lagi juga mengunjungi negara lainnya. Banyak kebudayaan yang bisa kita lihat dan pelajari. Salah satu contohnya yaitu dialek…Singaporean berbahasa Inggris namun dengan aksen mandarin, jadinya rada susah menangkap kata-katanya kalau ga terbiasa dan fokus. Lucu deh kalo dengerin mereka bicara. Anak-anak malah niruin aksen itu dan jadinya ketawa mulu deh di jalan😀

2 Comments Add yours

  1. JR says:

    Wah asiknya bisa ikut field trip ke negeri singa. Enak yah di sana, negaranya tertib banget. Imigrasi biar kata rame, tp rapi. Kl di Malay, antriannya kyk benang kusut.
    Yg diisi itu immigration card. Kl boarding pass lembaran yg dipake utk naik ke pswt.

    1. roshpinna says:

      Oo imigration card ya..hehe…ga tau namanya sih..betul di sana itu rame tapi sangat tertib…bersih pula..mungkin krn wajah petugasnya serem2 ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s