Buku? Yes!

Di sela-sela kesibukan setelah makan siang sambil buat worksheet (eh kerja atau nge-blog kamu?,hihi) saya mau nyempetin nulis blog bentar ah (diiringi lagu-lagu OST KDrama, uhuyy).

Setelah sempat tergila-gila blogwalking ke travel blog sekarang lagi enjoy blogwalking ke books blog. Yep.. ternyata yang suka buku itu buaaaaanyaaaaak banget dan ada berbagai cara untuk menikmati buku juga memotivasi di saat malas membaca buku.

Saya termasuk pencinta buku yang biasa-biasa saja, maksudnya biasa gimana? Gini maksudnya:

  1. Saya lihat di Fb ada buku baru apa (biasa intip di olshop)
  2. Lihat judul, cover dan baca sinopsisnya dan tidak lupa liat HARGA nya (penting nih)
  3. Kalau cocok dengan segala aspek di atas, beli
  4. Nunggu buku datang, begitu datang buka paketnya
  5. Taruh di rak buku/kotak buku
  6. Kalau lagi ada mood, baca (kadang malah lupa taruh dimana, atau punya ga ya buku tersebut, errr bukan terkadang sih tapi sering, hehe)

Tuh biasa banget kan? Kalau bukunya sangat berkesan buat saya, biasanya saya akan menulis review nya dan mengupload di blog yang bisa dibilang jarang terjadi.

Yang cukup sering terjadi adalah setelah baca, terkesan, mau nulis review (baca: niat), dan mendadak moodnya ga ada, ditunda, dan lupa deh sampai ga mood lagi karena merasa udah basi, terlalu lama.

Tahun lalu saya ikut Reading Challenge (RC) di Goodreads, dari 117 buku yang merupakan target saya, saya hanya mampu menyelesaikan 44 buku saja sudah termasuk komik (dikit kali ya, bayangkan kalau komik ga saya ikutkan barangkali ga sampai 15 buku). Karena target tercapai kurang dari 50%, tahun ini saya hanya menargetkan 50 buku saja di RC Goodreads, lebih realistis, semoga tercapai.

Membahas mengenai Reading Challenge ini, ternyata banyak blogger yang suka membuat RC, mulai dari Fantasy theme atau new author, dll, masih banyak. Saya tidak pernah ikut RC semacam itu, malah baru tahu sekarang kalau ada ya RC seperti itu. Pengen ikut? Pengen dong, nanti cari dulu RC yang pas.

Saya lagi mempertimbangkan untuk berlangganan Scoop Premium (layanan baca e-book sepuasnya dari berbagai penerbit hanya bayar Rp. 89.000,-/bulan). Masih mikir sih karena baru mulai baca e-book di Google PlayBook dan ternyata suka juga. Jadi misalnya saya beli buku 3.. kalau cetak kan bisa sekitar 300rb, nah dengan ini hanya 89rb n kalau bosan bisa langsung baca yang lain, juga ga butuh banyak tempat di rak buku, cukup di hp saja. Berlangganan atau beli e-book satuan saja ya? Hmm mikir…mikir…

Satu lagi pengetahuan yang baru saya dapat dari blogwalking mengenai buku ini ialah adanya layanan / bisnis beli buku misterius alias pada saat pesan kita ga tahu bakal dikirimin apa. Beberapa contohnya seperti Owl Crate dan YA Chronicles. Kalau di Indonesia, ada PetiBuku. Jadi pengen coba pesan deh ke sana, hehehe kira-kira bakal suka ga ya?

We’ll see..

 

Leave a Reply

